Senin, 28 Juli 2008

PEMBINAAN KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG

Any Rahmaniah
P17425208104
Program DIV Jurusan Kesehatan Gigi Komunitas

PEMBINAAN KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT

DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG


Tujuan dari Pembangunan Kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.Peran serta masyarakat sangat menentukan dalam tercapainya derajat kesehatan yang optimal, salah satu bentuk dari peran serta ini adalah kegiatan upaya kesehatan yang diselenggarakan oleh kader yang telah di latih agar mampu membantu meningkatkan kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut.
Tujuan diadakannya pembinaan kader adalah untuk meningkatkan kemampuan kader di bidang kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut. Sehingga kader di harapkan mampu memelihara kesehatan gigi dan mulut, mencegah terjadinya penyakit gigi, mengenali kelainan mulut secara dini, dan dapat mencari upaya pengobatan gigi sederhana dengan tepat.
Sasaran kegiatan ini adalah semua unsur masyarakat terutama kelompok rentan penyakit gigi dan mulut yaitu ibu hamil dan balita, lintas sektor dan pihak terkait sehingga dapat bekerja sama untuk pembinaan posyandu yang dapat meningkatkan derajat kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut.
Untuk mengetahui hasil kegiatan dilakukan evaluasi jangka pendek yaitu dilakukan setelah kegiatan selesai atau setalah 1 bulan, sedangkan evaluasi jangka panjang setelah 6 bulan ke depan.
Dengan adanya pembinaan kader kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Tlogosari Kulon, harapan kami kegiatan ini dapat merubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan gigi dan mulut. Juga diharapkan dapat menurunkan angka penyakit gigi dan mulut seperti karies gigi ( gigi berlubang ) dan penyakit jaringan periodontal. Kader kesehatan sebagai promotor kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut juga diharapkan mampu dan berperan aktif dalam peningkatan usaha kesehatan dan kualitas sumber daya manusia.


Tidak ada komentar: